C I N T A

Cinta adalah salah satu rasa yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Karena dia adalah rasa maka hatilah yang bermain ketika kita menggunakannya. Karena berhubungan dengan hati maka pada saat merasakannya bisa mendorong seseorang berbuat di luar batas kemampuan yang disadarinya. Karena begitulah hati, memiliki potensi yang sangat dahsyat.

Mendengar kata cinta, sering kita menganggap bahwa dia selalu menghasilkan hal yang positif. Seseorang anak yang dicintai misalnya, dia akan tumbuh menjadi anak yang baik, bersemangat, dan bahagia. Seseorang yang mencintai pekerjaannya akan melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaannya sebaik-baiknya. Dia jadi selalu bersemangat dan serius dalam bekerja atau berkarya.

Sayangnya tidak selalu begitu. Cinta juga bisa menghasilkan hal yang negatif yang membuat kita tidak bahagia. Tidak hanya putus cinta atau kehilangan seseorang atau sesuatu yang dicintai, seseorang bisa merasakan tidak bahagia ketika dia menerapkan cintanya kepada yang bukan semestinya.

Seseorang yang bekerja atau berbisnis, sering merasa kecewa, khawatir, kesal, gelisah, dan marah jika kecintaannya ditujukan kepada dunia semata. Dia begitu cinta akan harta atau tahta, sehingga ketika harta atau tahta yang diinginkannya tidak tercapai atau hilang maka dia jadi kecewa, kesal, bahkan bisa jadi marah. Dia begitu cinta dan berharap kepada anak dan pasangan hidupnya, sehingga ketika anak atau pasangan hidupnya itu meninggalkannya atau bertingkah tidak sesuai harapannya, maka dia juga merasakan hal yang sama.

Walaupun kadang yang diharapkannya tercapai sehingga dia sewaktu-waktu merasakan senang dan gembira juga; namun bukan bahagia namanya jika masih merasakan kecewa, khawatir, kesal, gelisah, atau marah. Bahkan jika rasa terakhir itu sangat sering menghampirinya dan dalam tingkatan yang cukup tinggi; bisa jadi dia mengalami stres yang berkepanjangan.

Selanjutnya bisa ditebak, bisa jadi kesehatannya menurun baik fisik maupun jiwa. Kasus dideritanya berbagai penyakit fisik berat seperti jantung, stroke, dan kanker dipercaya salah satunya disebabkan oleh stres berkepanjangan. Kasus bunuh diri atau bunuh diri bersama anak misalnya memperlihatkan penurunan kesehatan jiwa seseorang yang sangat parah.

Ternyata cinta itu tidak sesederhana dan seindah yang kita kira. Tapi tentu saja kesempatan merasakan keindahan cinta itu tetap ada. Allah selalu memberikan pilihan kepada kita dalam hidup kita ini. Pilihlah yang mengantarkan kita kepada rasa bahagia. Dan saya percaya sebagian besar dari kita sudah mengetahuinya, kepada siapa/apa cinta kita tujukan agar hal itu tercapai.

#sarapankata
#day12
#kmoindonesia
#kmobatch12
#cinta
#hati
#worklifebalance
#spiritualityatwork
#workwithshinedheart
#lenypuspadewi
#lenymenulis
#myfourthbook
#inspiringbooks
#100dayswritingchallenge2
#day39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *