S T R E S

Pernahkah anda merasa sangat tertekan dan penuh beban pada saat menghadapi pekerjaan di kantor atau di bisnis anda? Atau pada saat sedang berkarya dalam bidang apapun itu? Perasaan apa lagi yang anda rasakan saat itu? Lelah? Khawatir? Gelisah? Marah? Atau semua terasa?

Saya pernah mengalami saat-saat seperti itu. Yaitu setiap kali saya harus berkutat dengan berbagai proses pelaporan di kampus dan dikejar deadline. Juga setiap kali menghadapi proses produksi dan pelaporan penjualan di bisnis busana muslim saya. Semua rasa yang disebutkan di akhir alinea sebelumnya hadir menghampiri saya.

Alhasil kondisi badan saya drop. Sakit pencernaan kambuh dibarengi dengan sakit kepala yang parah. Pekerjaan dan bisnis jadi agak terbengkalai karena tidak bisa beraktivitas optimal. Setelah membaikpun pekerjaan di kantor dan bisnis semakin menumpuk. Dan kembali perasaan-perasaan di atas menghampiri. Badan drop lagi. Penyakit yang membaik memarah lagi. Dan begitulah seterusnya. Jadi semacam lingkaran kehidupan saya yang tak habis-habisnya.

Dan banyak orang yang bilang saat itu saya mengalami stres. Stres adalah penyakit yang sering dialami tidak hanya yang bekerja san berbisnis. Tetapi juga semua orang yang memang merasa sangat tertekan dan terbebani dengan hal-hal yang dihadapinya.

Jelas sekali saya tidak bahagia saat itu, jika makna bahagia adalah hanya merasakan ketenangan dan ketenteraman saja. Jika saya berbahagia, tentunya saya tidak merasa sangat tertekan dan terbebani. Saya juga tidak merasa lelah, khawatir, gelisah, dan marah.

Apakah hidup seperti itu yang ingin kita jalani sepanjang usia kita? Kalau saya tidak mau. Saya ingin hidup selalu bahagia. Karenanya saya perlu tahu apa sih yang menyebabkan saya merasa sangat tertekan dan terbebani jika menghadapi hal-hal di atas itu? Apakah memang pekerjaan atau tugasnya yang berat di luar kemampuan saya? Ataukah saya yang kurang atau bahkan tidak mengasah potensi diri menjadi kemampuan yang bisa menghadapi segala permasalahan hidup dengan tetap tenang dan tenteram?

Pada saat kita sudah tahu jawabannya, maka kita akan lebih mudah untuk memperbaiki diri agar bahagia tetap hadir meskipun pekerjaan dan tugas di kantor maupun bisnis mendatangi kita.

Mau? Yuk kita sama-sama cari tahu penyebabnya 😊

#sarapankata
#day13
#kmoindonesia
#kmobatch12
#stres
#worklifebalance
#spiritualityatwork
#workwithshinedheart
#lenypuspadewi
#lenymenulis
#myfourthbook
#inspiringbooks
#100dayswritingchallenge2
#day40

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *