CARA KERJA KE 5 SOLUSI

5 hari terakhir kita sudah membahas tentang cara-cara untuk memupuk perasaan-perasaan positif dan menghilangkan perasaan-perasaan negatif dari dalam hati. Perasaan-perasaan positif yang sangat kita butuhkan untuk meraih hidup yang berkualitas yaitu hidup yang selalu bahagia. Hidup yang hanya merasakan ketenangan dan ketenteraman tanpa ada rasa sedih, kecewa, khawatir, gelisah, kesal, dan marah.

Ke 5 cara atau solusi tersebut adalah:
1. Tersenyum
2. Memaafkan
3. Selalu merasa beruntung
4. Alasan emosional, dan
5. Memegang erat tujuan hidup

Urutan penyajian dituliskan berdasarkan tingkat kesulitan dalam melakukannya. Semakin besar nomornya semakin sulit kita melakukannya, namun cara itu semakin mampu mengatasi persoalan yang semakin berat. Dan jika kita sudah mampu melakukan cara ke 5 dengan baik, maka tanpa harus berusaha keras ke 4 cara sebelumnya bisa kita lakukan. Jika kita sudah mampu melakukan cara ke 4 maka 3 cara sebelumnya bisa dilakukan tanpa usaha yang berarti. Begitu seterusnya.

Jika ingin lebih cepat meraih hidup yang berkualitas, bisa saja kita langsung melakukan cara ke 5. Memang perjuangan melakukan cara ke 5 ini cukup berat karena membutuhkan proses yang lebih lama, selain tentu saja kita harus memiliki tujuan hidup yang sudah ditentukan sebelumnya.

Namun saya tetap menyarankan dimulai dari cara pertama karena cara ini paling mudah dilakukan. Rasa yang ingin kita peroleh yaitu perasan-perasaan positif segera bisa dirasakan setelah tersenyum dilakukan. Membuat kita jadi punya harapan dan semangat untuk terus berikhtiar memupuk perasaan-perasaan tersebut.

Yang perlu diperhatikan adalah ketika kita sudah mampu melakukan cara pertama, cobalah naik kelas ke cara kedua. Begitu seterusnya. Memang bisa jadi kita kemudian terdorong untuk melakukan cara selanjutnya karena cara yang sudah bisa kita lakukan ternyata tidak mampu lagi menghalau perasaan-perasaan negatif dari hati. Namun kadang kita merasa nyaman hanya di satu cara saja, misalnya di cara pertama. Karena hanya dengan tersenyum kita sudah merasa bisa lebih sering merasakan perasaan-perasaan positif di hati.

Jangan lupa bukan hanya sebatas lebih sering kan keinginan kita? Melainkan selalu merasakan perasaan-perasaan positif tersebut. Dan cara tersenyum terbatas dalam menghalau perasaan-perasaan negatif yang ada ketika peristiwa tidak nyaman datang. Semakin berat peristiwanya maka akan semakin sulit cara tersenyum mengatasinya.

Jadi yuk usahakan naik kelas dengan melakukan cara-cara selanjutnya agar perasaan-perasaan positif selalu kita rasakan.

#sarapankata
#day29
#kmoindonesia
#kmobatch12
#carakerja5solusi
#memupukperasaanpositif
#worklifebalance
#spiritualityatwork
#workwithshinedheart
#lenypuspadewi
#lenymenulis
#myfourthbook
#inspiringbooks
#100dayswritingchallenge2
#day57

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *