POHON SIKAP/PERILAKU Part 1

Allah menciptakan alam ini tidak sekadar agar alam ini berputar dan berjalan dengan baik dan seimbang. Tetapi ternyata Dia menciptakan berbagai tumbuhan dan binatang juga untuk kita ambil pelajaran darinya.

Contohnya di dalam Alquran beberapa binatang dijadikan contoh untuk diambil pelajaran dari tingkah laku binantang tersebut. Misalnya lebah, binatang ternak, unta, burung gagak, laba-laba, dan semut.

Selain binatang, dari tumbuh-tumbuhan juga kita bisa mengambil pelajaran. Salah satunya adalah dari keberadaan pohon di dunia ini.

Pada saat menanam pohon, tentunya kita mempunyai tujuan. Kalau menanam pohon buah-buahan kita ingin mendapatkan hasil buah-buah tersebut untuk dinikmati dengan cara memakannya. Sementara kalau menanamĀ bunga-bungaan kita ingin mendapatkan hasil bunga-bunga tersebut untuk dinikmati keindahan dan keharumannya.

Tentunya kita menginginkan buah atau bunga yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik. Buahnya terasa manis dan segar, enak dan legit, serta besar-besar. Sementara kalau bunga terlihat berwarna warni, indah dipandang mata, dan harum baunya.

Untuk menghasilkan buah dan bunga seperti itu, pohon tersebut harus memiliki akar yang kuat karena akarlah tempat dimana bahan-bahan dasar penghasil buah dan bunga itu dikumpulkan. Akarlah yang mengambil bahan-bahan itu dari dalam tanah. Semakin kuat dan dalam akar menghunjam tanah, maka semakin banyak dan baik bahan yang didapatkan.

Untuk menghasilkan akar yang kuat, kita perlu memupuk pohon itu. Semakin baik dan rutin kita memberi pupuk maka semakin kuatlah tumbuhnya akar pohon itu.

Pelajaran apa yang bisa diambil dari pohon yang saya ceritakan ini?

Ternyata sikap atau perilaku kita itu sama dengan buah atau bunga yang kita harapkan tumbuh ketika kita menanam pohon tersebut. Sikap atau perilaku apa saja yang ingin kita miliki selama ini? Banyak. Sabar, ikhlas, ringan tangan, selalu tersenyum, memaafkan, berkata-kata yang baik, tidak bergunjing, dan lain-lain.

Nah apa langkah pertama yang harus dilakukan? Yaitu menanam pohonnya. Menanam? Seperti apa menanam pohon sabar, ikhlas, ringan tangan, dan sebagainya itu?

InsyaAllah dilanjut di postingan berikutnya ya šŸ˜Š

#tafakur
#kemampuankalbu
#dbas
#enlightenedheart
#MTBandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *