POHON SIKAP/PERILAKU Part 2

Ketika kita ingin bisa memanen buah sabar, ikhlas, ringan tangan, memaafkan, dan sebagainya; hal pertama yang perlu dilakukan adalah menanam pohon sikap/perilaku itu. Bagaimana cara menanamnya?

Apa yang kita butuhkan ketika kita akan menanam pohon buah-buahan? Tentunya berbagai benih dari pohon tersebut. Benih dari pohon sikap/perilaku adalah berbagai kebenaran dari Alquran yang sudah kita tahu yang bisa memunculkan sikap/perilaku tersebut. Artinya akal kita sudah mau menerima berbagai kebenaran tersebut.

Misalnya, sikap sabar dihasilkan dari kebenaran-kebenaran: (1) ada transfer pahala ketika dizalimi, (2) Allah beserta orang sabar, dan (3) Allah hanya memberi yang kita butuhkan. No 1 sampai 3 adalah benih-benih yang perlu kita tanam agar sikap sabar bisa kita panen (muncul pada saat dibutuhkan).

Cara menanamnya adalah dengan menurunkan kebenaran-kebenaran tersebut dari akal ke hati. Atau saya menyebutnya berproses, melalui perenungan dan merasa-rasakan berbagai peristiwa yang Allah inginkan kita meresponnya dengan sabar, dilihat dari pandangan 3 kebenaran Alquran di atas.

Misalnya ketika dizalimi, segera renungkan melalui 3 kebenaran tersebut. O, saat itu sedang ada transfer pahala untuk kita. O, saat itu Allah sedang memberikan yang kita butuhkan. Dan, ingatlah bahwa Allah akan selalu beserta orang-orang sabar.

Agar pohon yang kita tanam benihnya itu tumbuh dengan subur, kita perlu memupuknya. Sehingga kita bisa memanen buah dengan kualitas yang kita inginkan. Cara memupuknya adalah dengan sering berproses. Karena semakin sering kita melakukan perenungan-perenungan, maka benih-benih itu semakin dalam tertanam di hati kita. Jika benih-benih itu sudah tertanam dengan mendalam di hati, maka buah sabar yang kita inginkan itu akan selalu muncul di saat kita butuhkan.

Masih bingung? Enggak apa-apa. Coba ulangi membacanya beberapa kali atau dm saya kalau ingin mendiskusikannya lebih jauh.

#tafakur
#kemampuankalbu
#dbas
#enlightenedheart
#MTBandung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *