KETIKA KITA BERSEDEKAH

Siapa yang tidak tahu sedekah itu sangat disukai Allah. Salah satu ayat yang menjadi pilihan #insightQuran kali ini, surat Al-Baqarah ayat 261, menyiratkan hal tersebut. Jika ingin menambah perbekalan untuk di kehidupan selanjutnya, kita bisa menggunakan cara ini.

Atau barangkali kita sudah sering melakukan karena menyadari itu bisa menyelamatkan kita nanti. Alhamdulillah jika iya.

Tapi pernahkan mengalami hal seperti ini? Kita merasa kesal karena berulang kali ada seseorang yang datang meminta bantuan kepada kita, saat dia sedang kesulitan. Di awal kita dengan ikhlas membantunya dengan meniatkan sedekah. Tapi ketika hal itu terus rutin berlangsung, kita jadi curiga dan bersuudzon dia keenakan dan tidak mau berusaha untuk menyelesaikan masalahnya secara mandiri. Dia jadi tergantung kepada kita.

Kita tetap memberinya sedekah seperti biasa ketika dia datang lagi menemui. Tapi kali ini dia juga mendapatkan “nasihat” yang cukup keras dari kita. Dia pun berterima kasih dan pergi seperti biasanya.

Tapi sadarkah kita, sedekah yang kita berikan menjadi sia-sia ketika dia merasa tersakiti karena “nasihat” kita. Seperti yang tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 264. Lebih baik kita tidak memberinya sedekah dengan meminta maaf dan perkataan yang baik. Seperti yang tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 263.

Betapa baiknya Allah selalu memberikan pilihan bagi kita. Sekarang tinggal memilih mana yang membuat Allah suka dan kitapun tidak merugi.

#insightQuran
#enlightenedheart
#bersedekah
#backtoQuran
#jumatbarokah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *