MENTORING

Beberapa tahun lalu ketika masih aktif di bisnis fashion, saya pernah mengikuti beberapa kali mentoring. Saya mengikuti mentoring ini dalam rangka meningkatkan performa bisnis.

Saya beruntung diberi kesempatan mengikuti program tersebut yang diadakan oleh sebuah komunitas bisnis cukup besar kala itu, dengan biaya yang sangat terjangkau.

Saat program mentoring ini berlangsung, saya dibimbing oleh seorang mentor yang sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman jauh lebih baik dalam berbisnis fashion. Di setiap sesi mentoring, dia mendengarkan tantangan-tantangan yang sedang saya hadapi dan kemajuan-kemajuan yang saya dapatkan setelah menerapkan hasil mentoring tersebut.

Dia kemudian memberikan ide dan saran untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Tidak lupa memberikan semangat dengan menceritakan pengalamannya atau orang lain berbisnis ketika menghadapi tantangan yang sama.

Sang mentor juga membuat semacam “kurikulum” untuk program mentoring itu lengkap dengan peer yang harus para mentee kerjakan. Program mentoring berlangsung selama 3 bulan dan setiap bulannya terdiri dari 2 sesi tatap muka.

Bagaimana dengan hasilnya? Alhamdulillah setelah program tersebut, bisnis fashion saya meningkat performanya. Sementara beberapa mentee lain ada yang merasa tidak mengalami peningkatan tapi ada juga yang meningkat dengan pesat. Banyak hal yang bisa mempengaruhi termasuk kemampunan mentor dalam membimbing dan keseriusan dari sang mentee.

Sekarangpun saya sedang mengikuti program mentoring untuk menulis. Pelaksanaannya hampir sama seperti mentoring yang saya ikuti ketika berbisnis fashion dulu. Hanya saja kali ini saya mengikutinya via online bukan tatap muka langsung.

Sebelumnya saya juga sempat mengikuti beberapa kali program mentoring menulis online. Seru juga dan buat saya sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan menulis serta mempercepat selesainya naskah buku. Semoga untuk program mentoring menulis yang sedang diikuti sekarang bisa memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan program-program mentoring sebelumnya.

#kandelainstitute
#coachlife
#mentoring
#bisnis
#menulis
#peningkatanperforma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *