HP

Tadi pagi sambil beraktivitas di dapur, Emak, panggilan untuk asisten rumah tangga, bercerita. Dulu di kampung sewaktu remaja, kalau ada hari libur, dia bersama beberapa temannya bermain. Tapi bermainnya menghasilkan. Seringnya membuat suatu makanan, seperti berbagai keripik dari bahan yang tersedia.

Beda banget sama remaja sekarang, lanjutnya. Setiap libur mereka bermain juga. Tapi sering tidak menghasilkan, karena hanya main-main (dalam arti sesungguhnya) hp saja sambil foto-foto.

Saya tercenung sambil membenarkan dalam hati. Karena saya teringat diri sendiri, bahkan ketika sudah tidak remaja lagi. Pada saat teknologi hp hadir dengan dilengkapi game canggih dan kamera, saya sudah berkeluarga. Tapi saya tetap tertarik menghabiskan waktu untuk memainkan game-game tersebut dan juga berfoto ria.

Kemudian foto-foto itu saya upload di medsos dengan caption tanpa kebaikan. Dan saya lanjutkan dengan menlusuri postingan teman-teman yang sering tidak banyak manfaatnya. Pada saat itu saya tidak menyadari terbuangnya waktu yang berharga.

Ternyata kemajuan teknologi tidak hanya membantu kita semakin mudah menjalani hidup, tetapi melenakan juga. Kita terlena karena kemudahan itu. Tanpa menyadari bahwa hal itu bisa membuat kita tidak bahagia.

Ketika nilai-nilai ujian jelek, bisnis merugi, nulis gak kelar-kelar; galau kan? Kitapun berkeluh kesah. Padahal semua itu karena kita terlena oleh canggihnya hp.

Untunglah saat saya terlena, Allah mengingatkan melalui berbagai ketidaknyamanan. Setelah itu, saya menggunakan hp yang dimanfaatkan untuk berbisnis dan menulis.

Ya, berkomunikasi dengan tim atau klien, saya lakukan via hp. Menuliskan berbagai ide, mapping, ouline, bahkan menuangkannya menjadi tulisan juga saya lakukan dengan hp.

Tentu saja semua aktivitas itu saya pilih karena saya yakin bisa mendekatkan kepada tujuan hidup saya. InsyaAllah…

Kalau kamu gimana?

#memanfaakanhp

#untukberbisnis

#untukmenulis

#enlightenedheart

#oneweekonepost

#wifiregionbandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *